Foto Group
[View All Group]
Serba - Serbi
Tour Tips
Mengenal Mesir
Mengenal Israel
Mengenal Turki
Mengenal Yunani
FAQ
Pelajaran Bahasa Ibrani Sehari-hari
Lowongan Pekerjaan
Home |  About Us |  Package |  Gallery |  News |  Testimonial |  Video |  Contact
Serba - Serbi - Tour Tips
1.BAGASI

Ada 3 tas yang harus Anda persiapkan:
1) Tas tangan / tas selempang / sejenis ransel atau tas punggung yang akan Anda bawa selama perjalanan ketika kita meninjau obyek-obyek di Mesir, Israel, Palestina, dan Yordania.

Yang selalu harus ada di dalam tas tangan:
a. Alkitab
b. Panduan Perjalanan
c. Buku notes dan ballpoint
d. Payung lipat
e. Obat-obat penting
f. Dompet uang dan paspor

2) Tas cabin yang biasanya berupa tas trolley yang beroda, dan akan dibawa sendiri masuk ke dalam kabin pesawat. Tas ini akan disediakan oleh pihak travel. Tas cabin ini berguna untuk membawa 1 stel pakaian ganti, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi, yang akan digunakan hanya ketika transit atau menginap semalam di Gn. Sinai, sehingga kita tidak perlu membongkar koper besar. Perlu diperhatikan bahwa berat tas cabin adalah 7 kg per orang. Jangan membawa pisau/senjata di dalam tas cabin. Semua benda tajam seperti gunting kuku, alat-alat manicure-pedicure harus disimpan dalam koper besar.

Perhatikan ketentuan membawa barang cair di dalam cabin pesawat.

3) Koper besar yang akan masuk di dalam bagasi pesawat. Berat maksimum koper besar adalah 20 kg. Oleh karena itu perlu diperhatikan agar tidak membawa barang-barang yang berlebihan jumlah dan beratnya, agar pada waktu pulangnya, Anda bisa juga membawa oleh-oleh dan jumlah berat semuanya tidak akan melebihi 20 kg.

Tidak disarankan untuk menerima titipan barang orang lain karena dapat mempersulit perjalanan Anda jika Anda tidak tahu apa isinya atau isinya adalah barang terlarang.

2. KETENTUAN MEMBAWA BARANG CAIR DALAM CABIN

Barang-barang seperti seperti parfum, minyak gosok, shampoo, sabun cair, pasta gigi, body lotion, cream kosmetik, dsb harus disimpan di dalam koper besar untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Jika ingin membawa barang-barang seperti itu ke dalam cabin pesawat, peraturan adalah sbb:

1) Semua cairan, jeli, aerosol (termasuk lotion dan odol) harus dalam kemasan kurang dari 3 ounce (+/- 100 ml) setiap jenisnya. Tidak diperkenankan memakai kemasan yang lebih besar tetapi isinya tidak penuh.
2) Semua cairan, jeli, aerosol (termasuk lotion dan odol) tadi harus dimasukkan di dalam satu kantong plastik transparan, ukuran 1 liter dan pakai penutup zip/ritsliting.
3) Kantong plastik ini harus dikeluarkan dari tas tangan ketika dicek melewati X-ray.

Pengecualian adalah: minuman bayi dan obat-obatan. (Untuk obat cairan, sebaiknya dipindahkan ke dalam wadah yang lebih kecil yang memenuhi peraturan agar tidak mengalami masalah).

Anda boleh membawa cairan, jeli, aerosol (termasuk lotion dan odol) dalam jumlah yang lebih banyak tetapi harus dimasukkan ke dalam koper bagasi.

3. PAKAIAN
* Bawa pakaian secukupnya saja agar tidak menambah berat koper bagasi Anda. Untuk itu hitung dengan benar jumlah pakaian yang dibawa disesuaikan jumlah hari kita selama acara wisata.
* Disarankan membawa celana jeans karena dapat kita pakai berulang-ulang. Cuaca di sana cukup bersih tidak berdebu dan kering.
* Cuaca bisa menjadi cukup dingin, oleh karena itu sediakan baju hangat/baju lengan panjang/sweater, syal dan celana panjang yang hangat.
* Sediakan jaket yang tidak terlalu tipis.
* Tidak perlu membawa jas tebal yang hanya akan memakan ruang di koper Anda.
* Pakai sepatu yang nyaman dan tidak licin, yang alasnya tidak keras tetapi cukup empuk karena kita akan melakukan banyak perjalanan dengan berjalan kaki. Cukup membawa satu pasang sepatu saja. Jenis sepatu kets sangat dianjurkan.
* Perlu diperhatikan: Dimohon untuk tidak memakai baju tanpa lengan, celana pendek sebatas lutut atau lebih tinggi, dan sandal.

4. PERSIAPAN UNTUK NAIK GN. SINAI
* Jaket yang cukup tebal.
* Topi Kupluk
* Sarung Tangan
* Baju hangat
* Sepatu kets/karet yang tidak licin atau sepatu untuk naik gunung. Sepatu ini bisa digunakan untuk selama perjalanan berikutnya, tidak perlu bawa 2 (dua) pasang sepatu.
* Senter
* Bagi yang tidak tahan dingin, bisa membawa long john

5. PERLENGKAPAN OBAT
* Obat-obatan pribadi.
* Vitamin, obat gosok, obat pusing kepala, flu, demam, diare, Counterpain, dsb.
* Lips balm / lips gloss - supaya bibir tidak kering dan pecah-pecah.
* Sunblock ? cuaca di Giza, Mesir biasanya terik, demikian juga di Qumran.
* Body Lotion.

6. MAKANAN
* Pada umumnya masakan di sana bisa dimakan. Breakfast di hotel, makan siang biasanya di restoran Chinese, makan malam kembali lagi di hotel.
* Boleh membawa sekedarnya (jangan berlebihan): mie instant, makanan kecil, makanan kering sebagai lauk tambahan. Jangan membawa makanan yang mudah busuk, berbau keras dan cairan yang mudah pecah. Tapi tanyakan kepada Tour Leader apakah di hotel boleh membawa makanan sendiri, karena hotel-hotel di sana ada aturan tentang makanan yang kosher (halal).
* Yang hukumnya wajib adalah: Bawa sambal dan kecap sachet untuk makan ikan Petrus.

7. MATA UANG
* Anda cukup membawa USD (Dolar Amerika) karena semua toko di sana menerima uang USD.
* Semua toko-toko besar menerima Credit Card Visa dan MasterCard.
* Debit Card dari BCA, Mandiri dan bank lain yang di belakang Kartu Debit tersebut terdapat link international seperti Maestro dan Cirrus juga dapat digunakan.
* Siapkan pecahan US Dollar: $1, $5, $10, $20.
* Uang Rupiah tidak dapat ditukarkan di sana dengan USD. Memang ada satu-dua toko yang menerima uang rupiah, tetapi untuk lebih amannya, sediakan USD dari Indonesia.
* Pecahan $1 berguna untuk membeli air minum botol di luar jam makan pagi, siang dan malam.
* Foto group yang diambil oleh photographer lokal di sana dijual dengan harga ? $ 7/foto. Selama perjalanan akan ada 3-4 foto group.

8. SISTEM TELEKOMUNIKASI
* Mesir, Israel dan Jordania mempunyai sistem telekomunikasi yang berbasis GSM, sehingga hape yang Anda miliki di Indonesia bisa digunakan juga di sana.
* Untuk lebih pasti, konfirmasikan dengan operator GSM Anda agar memiliki fasilitas roaming international.

9. ALAT ELEKTRONIK YANG DIBAWA
* Telepon genggam (hape).
* Camera
* Video Camera
* Perlengkapan dokumentasi seperti film, memory card, baterai, mohon dibawa sesuai dengan kebutuhan karena di luar negeri harganya lebih mahal dari di Indonesia. Khusus untuk baterai, disarankan bawa beberapa buah yang rechargeable.
* Charger untuk camera dan handphone dapat langsung digunakan asal colokannya kecil.

10. PERLENGKAPAN LAINNYA
* Sunglass (kacamata hitam)
* Topi (disediakan dari tour)
* Payung lipat
* Gembok dan ekstra gembok (tas cabin dari mohon dilengkapi gembok)
* Alat pemanas air yang ringkas dan mudah (bentuknya seperti spiral dan berukuran kecil).

11. HAL-HAL PENTING LAINNYA
* Ketika sampai di suatu obyek wisata, perhatikan urutan yang harus dikerjakan:
(1) DENGARKAN terlebih dahulu penjelasan dari Local Guide;
(2) LIHAT-LIHAT dan nikmati;
(3) POTRET untuk didokumentasikan. Jangan dibiasakan untuk langsung potret-potret dan tidak mendengarkan penjelasan karena Anda akan rugi sendiri. Jikalau Anda menanyakan hal yang sudah dijelaskan, maka Anda merugikan waktu semua grup.
* Kursi baris paling depan disediakan bagi Pembimbing Rohani, Tour Leader, Local Guide dan Local Agent.
* Mohon dapat berganti tempat duduk dengan peserta lain selama perjalanan.
* Setiap peserta bertanggung jawab atas keamanan dan untuk membawa barang-barangnya sendiri. Jangan membawa terlalu banyak kopor dan barang jinjingan. Walaupun demikian, saling tolong mengawasi keamanan teman-teman yang lain juga sangat dianjurkan. Selalu waspada karena ada banyak tempat yang rawan COPET.
* Paspor harus selalu dibawa setiap hari (masukkan ke dalam tas paspor yang sudah disediakan) serta simpan dalam tas tangan, dan jangan pernah disimpan di koper besar. Pastikan jika meninggalkan koper/tas di dalam kamar hotel harus terkunci.
* Jangan membawa barang-barang milik pesawat atau hotel tanpa seizin petugas ybs.

12. SUASANA GROUP
Yang paling penting dalam sebuah perjalanan yang lama dengan banyak orang yang berbeda latar belakang adalah menjaga agar suasana di dalam group dapat tetap kompak, disiplin, penuh kasih, penuh sukacita, saling tolong menolong dan memperhatikan dan merasa satu keluarga besar di dalam Kristus.

Berdasarkan pengalaman kami pada group-group yang terdahulu, perlu diperhatikan hal-hal di bawah ini:

* Group Mansor adalah group yang khusus karena terdiri dari anak-anak Tuhan dari berbagai kota dan suku di Indonesia. Oleh karena itu mohon diperhatikan agar perkataan kita tidak menyinggung atau melecehkan suku tertentu. Baiklah perkataan kita selalu positif dan membangun.
* Karena Renungan Harian Manna Sorgawi adalah pelayanan yang interdenominasi atau ouikumene, maka Group Mansor biasanya terdiri dari berbagai latar belakang gereja bahkan pernah ada peserta yang Muslim dan Budha. Oleh karena itu, jangan sampai kita merendahkan gereja atau ajaran gereja lainnya. Semaksimal mungkin kita hanya akan kembali ke Alkitab dan belajar dari apa yang ada di Alkitab saja.
* Bagi sebagian orang merokok dipandang sebagai hal yang kurang rohani, tetapi yang pasti merokok adalah sesuatu yang tidak sehat, baik bagi si perokok sendiri maupun bagi orang lain. Oleh karena itu jagalah agar Anda yang masih belum bisa melepaskan diri dari kebiasaan merokok dapat menahan diri untuk tidak merokok.
* Jauhi menggunakan kata-kata yang kasar, maki-makian ataupun humor-humor jorok.
* Juga tinggalkan sejenak posisi Anda yang di kantor dan berbaurlah bersama-sama dengan yang lain sebagai peserta tour. Ini akan sangat memberkati Anda dan peserta yang lain.
* Hargailah waktu, tepatilah jam-jam yang sudah diatur oleh Tour Leader agar kita dapat menikmati semua obyek yang sudah diprogram. Bayangkanlah, semua orang sudah siap duduk di bus, tapi gara-gara satu orang yang berlambat-lambat, keberangkatan tertunda selama setengah jam. Alangkah baiknya jika setengah jam itu kita luangkan bersama-sama di obyek wisata atau di toko dengan penuh sukacita. Ingat bahwa supir di sana mempunyai batas maksimum secara hukum untuk bisa menyupir dalam satu harinya, jadi perjalanan kita tidak dapat molor seenaknya saja.

Marilah kita pergi berziarah dengan kerendahan hati, penuh sukacita, saling tolong menolong bagaikan sebuah keluarga besar dan mendahulukan antar sesama peserta serta menjadi terang di manapun kita berada. ?Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihiNya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.? (Kol 3:12-14)

Terima kasih,

Tuhan Yesus memberkati!

       
Share With : Hit Counter :
Home  |  About Us  |  Package   |  Gallery   |  News   |  Testimonial   |  Video   |  Contact
Copyright © 2017 Tour ke Israel All rights reserved. Design & Powered by LawaveDesign.com  - Disclaimer
Best Viewed in Mozilla Firefox (3.0.1) or Greater