Foto Group
[View All Group]
Serba - Serbi
Tour Tips
Mengenal Mesir
Mengenal Israel
Mengenal Turki
Mengenal Yunani
FAQ
Pelajaran Bahasa Ibrani Sehari-hari
Lowongan Pekerjaan
Home |  About Us |  Package |  Gallery |  News |  Testimonial |  Video |  Contact
Serba - Serbi - Mengenal Turki
SELINTAS NEGARA TURKI

Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediteraniadi sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negaratranskontinental. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Bosporus adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia, menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisarı dan Rumelihisarı. Kedalamannya bervariasi antara 36 sampai 124 meter. Tepian selat ini berpenduduk padat, salah satu kotanya adalah Istanbul. Ada dua jembatan yang menyebrangi Selat Bosporus, yang pertama adalah Jembatan Bosporus memiliki panjang 1.074 meter dan diselesaikan pada 1973. Yang kedua,Jembatan Fatih Sultan Mehmet dengan panjang 1.090 meter dan diselesaikan pada 1988 sekitar 5 km sebelah utara jembatan pertama. Marmaray sebuah terowongan kereta masih dalam pembuatan dan diharapkan akan diselesaikan pada 2008. Sekitar 1.400 meter dari terowongan ini berada di bawah selat, dengan kedalaman sekitar 55 meter. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Negara Turki dengan luas wilayah sekitar 814.578 KM berada di dua benua, Benua Asia dan Eropa. Lebih dari 90 persen wilayahnya berada di benua Asia, selebihnya masuk ke benua Eropa. Kondisi seperti ini menjadikan negara Turki sebagai jembatan antara Timur dan Barat. Dilihat dari sejarah, bangsa Turki mewarisi peradaban Romawi dan Anatolia, Islam, Arab dan Persia sebagai warisan dari Imperium Usmani dan pengaruh nagara-negara Barat Modern. Ibu kota Turki adalah Ankara, tetapi kota besar yang tak kalah penting adalah Istanbul. Negara Turki adalah saksi dari kebesaran peradaban Kekaisaran Bizantium dan Kekhalifahan Turki Utsmani. Peninggalan sejarah yang sangat terkenal yang ada di Turki adalah gereja Hagia Sophia, Istana Keramat, pacuan kuda yang sangat luas, dan Pintu Gerbang Emas, dll.

Sejenak kita menengok perjalanan negera Turki sebelum menjadi Negara Turki seperti sekarang ini.
Pada awal abad pertama Negara Turki berbentuk kerajaan yang bernama Kerajaan Bizantium dengan ibukota di Konstantinopel. Kerajaan Romawi yang menguasai Bizantium pada waktu itu dijatuhkan kaum Barbar. Pada abad ke-12 Bizantium jatuh ke dalam kekuasaan Kerajaan Ottoman yang dipimpin Raja Osman I. Inilah masa keemasan Turki Ottoman. Pada masa inilah pemerintahan Turki Ottoman memperoleh pengaruh Islam yang kuat. Pada tahun 1453, ibukota Bizantium jatuh ke tangan pasukan Turki di bawah pimpinan Sultan Muhamad II. Konstantinopel kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Negara Turki sebagai Negara modern yang sekuler berdiri pada tahun 1923. Agama Islam yang telah berfungsi sebagai agama sekaligus system kehidupan bermasyarakat dan bernegera lebih dari 7 abad diganti dengan system Barat. Lebih dari separuh wilayah Turki merupakan pegunungan. Sungai Eufrat dan Tigris yang pernah menjadi pusat peradaban dunia, juga melintasi wilayah ini. Batas-batas Negara Turki adalah: Laut Hitam di utara; Irak, Suriah dan Laut Tengah di selatan; Laut Aegea di barat dan Iran serta Rusia di timur. Negara Republik Turki dengan ibukota Ankara itu, pertama kali dipimpin oleh Musthofa Kemal. Ia melakukan modernisasi besar-besaran dengan berkiblat ke Barat. Ia mengganti penggunaan huruf Arab dengan Latin, praktek berpoligami dilarang dan wanita diberi kebebasan yang sama dengan pria. Kemal pun beroleh gelar Bapak Bangsa Turki (Attaturk) sehingga dikenal sebagai Kemal Attaturk.

Turki menjadi salah satu objek wisata, karena paling tidak 7 gereja yang disebutkan di dalam Kitab Wahyu berada di wilayah Turki. Nama-nama jemaat gereja tersebut adalah: Jemaat Efesus, Smirna (Izmir), Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia dan Laodikia. Selain itu ada banyak peninggalan-peninggalan sejarah Kristen yang masih ada sampai dengan sekarang ini, misalnya gereja Hagia Sophia yang saat ini berfungsi sebagai museum, yang mana sebelumnya pernah berubah fungsi dari gereja menjadi masjid.

       
Share With : Hit Counter :
Home  |  About Us  |  Package   |  Gallery   |  News   |  Testimonial   |  Video   |  Contact
Copyright © 2014 Tour ke Israel All rights reserved. Design & Powered by LawaveDesign.com  - Disclaimer
Best Viewed in Mozilla Firefox (3.0.1) or Greater